Indonesia terletak strategis di antara dua benua (benua Asia & Australia) dan dua samudera (samudera Hindia & Pasifik), sehingga membuat cuaca Indonesia pada bulan-bulan tertentu bisa lebih ekstrim daripada biasanya. Termasuk selama akhir bulan Desember dan malam pergantian tahun. Angin kencang disertai dengan curah hujan yang cukup tinggi membuat aktivitas di luar ruangan menjadi lebih beresiko dan kurang nyaman.

Mulailah dengan melindungi diri

Terkadang bila bepergian ketika cuaca ekstrim tidak bisa dihindari, maka sebaiknya memberikan perlindungan kepada diri sendiri dengan lebih baik lagi. Bila bepergian dengan mobil, hendaknya setiap aspek keselamatan seperti tekanan angin pada ban, accu mobil, dan kondisi mesin diperiksa terlebih dahulu. Sediakan payung di dalam mobil juga untuk jaga-jaga. Sedangkan bila bepergian dengan sepeda motor, sebaiknya bawa jas hujan. Jangan lupa memakai sepatu boots untuk motor sehingga kaki lebih terlindungi dari genangan air dan berbagai resikonya.

Berhentilah bila hujan deras

Bila hujan deras, berhentilah dan menepilah. Hujan deras terkadang disertai angin kencang sehingga ada resiko pohon tumbang dan resiko kehilangan keseimbangan ketika naik sepeda motor. Bila hujan deras, menepilah dan berteduhlah terlebih dahulu. Jangan paksakan perjalanan Anda.

Berlindunglah, tapi jangan di bawah pohon

Berteduh atau berlindung selama hujan memang disarankan, tetapi jangan di bawah pohon. Pohon yang rindang dan besar meningkatkan resiko tersambar petir dan pohon tumbang. Berlindunglah di tempat yang lebih aman seperti depan toko, atau di bawah halte yang tertutup.

Toyobo Boots memberikan perlindungan kepada pemakainya

Khusus untuk pengendara sepeda motor, tersedia Toyobo Boots model Phantom & Tracktion. Kedua model ini sangat cocok dikenakan pengendara sepeda motor, karena selain trendi modelnya, juga melindungi kaki pemakainya sehingga dapat terlindungi dari berbagai resiko. Setiap model Toyobo Boots sudah ada fitur anti-slip sehingga dapat meminimalisir pemakainya dari resiko terpeleset dan jatuh.

Cuaca ekstrim di Indonesia belum berakhir. Sobat Toyobo dihimbau agar tetap waspada ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *